Pertemuan 2: Membuat Game Menangkap Bola dengan Mangkok di Scratch


 
Selamat datang di website Coding Class ARJ (E-Modul Pembelajaran Coding SIT Ar Ruhul Jadid), tempat Anda bisa belajar coding dengan cara yang seru dan menyenangkan. 
 
Sebelum memulai belajar Coding hari ini, mari berdoa agar belajar kita menjadi manfaat dan memperoleh hidayah dengan membaca do'a sebelum belajar:
 

Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”.



Panduan Membuat Game Menangkap Bola dengan Mangkok di Scratch

Game ini akan melatih kecepatan tanganmu dalam menggerakkan mangkok untuk menangkap bola yang jatuh. Kita akan menggunakan dua sprite utama: Mangkok (Bowl) dan Bola (Ball), serta sebuah variabel Score untuk menghitung poin.


Langkah 1: Persiapan Awal Proyek Scratch

  1. Buka Scratch: Mulai proyek baru di Scratch dengan memilih New Project.

  1. Hapus Sprite Kucing: Klik ikon tempat sampah di sudut kanan atas sprite kucing untuk menghapusnya.

  1. Tambahkan Sprite:
    • Klik ikon "Choose a Sprite" (lingkaran dengan ikon kucing) di pojok kanan bawah area sprite.

    • Cari dan pilih sprite "Bowl" (Mangkok).

    • Ulangi langkah di atas, cari dan pilih sprite "Ball" (Bola).


  1. Pilih Sprite Bowl, atur posisi Horizontal dan Vertikal pada Bowl dengan mengatur x: 0 dan y: -135

  1. Buat Variabel baru dengan nama Score:
    • Di bagian "Code", klik "Variables" dan klik tombol "Make a Variable".

    • Ketik nama variabel: Score dan pastikan opsi "For all sprites" terpilih. Kemudian klik "OK".

    • Kamu akan melihat variabel Score muncul di panggung (Stage).


Langkah 2: Menambahkan Backdrop (Latar Belakang)

Untuk membuat game Anda lebih menarik, mari tambahkan latar belakang!

1.     Pilih Stage: Di pojok kanan bawah area sprite, klik ikon "Stage" (panggung).



2.     Pilih Backdrop: Klik ikon "Choose a Backdrop" (lingkaran dengan ikon gambar) di pojok kiri bawah area panggung.



3.     Pilih Latar Belakang: Jelajahi berbagai pilihan latar belakang yang tersedia di perpustakaan Scratch. Pilih salah satu yang Anda suka, misalnya "Blue Sky”.



4.     Klik Latar Belakang: Setelah Anda memilih, latar belakang akan otomatis muncul di panggung.



 

Langkah 3: Memprogram Sprite Mangkok (Bowl)

Sekarang kita akan memberikan instruksi kepada mangkok agar bisa bergerak dan berada di posisi yang benar.

  1. Pilih Sprite Mangkok: Pastikan kamu mengklik sprite "Bowl" di area sprite di bawah panggung.


  1. Pilih Event, tambahkan when green flag clicked pada Script Area. Ini adalah balok awal. Semua kode di bawahnya akan berjalan saat kamu mengklik bendera hijau untuk memulai game.


  1. Pilih set [my variable] to [0] ke dalam Script Area.


  1. Atur set [my variable] to [0]menjadi set [Score] to [0]. Ini bertujuan agar setiap kali game dimulai, variable score dimulai dari 0.


  1. Selanjutnya pilih Motion, kemudian pilih go to x y. Atur nilainya menjadi go to x: (0) y: (-135). Ini bertujuan agar setiap kali game dimulai, posisi Bowl di vertikal 0 dan horizontal -135.


  1. Langkah selanjutnya yaitu membuat program ketika menekan tombol ke kanan, maka posisi Bowl akan bergeser ke arah kanan. Begitu juga ketika menekan tombol ke kiri, maka posisi Bowl akan bergeser ke arah kiri. Pilih Control, tambahkan forever:  Balok ini akan membuat kode di dalamnya terus berulang tanpa henti selama game berjalan.


7.     Tambahkan code block if then: untuk membuat program kondisi Ketika tombol panah kanan ditekan, akan menggerakkan mangkok.


8.     Pilih sensing, tambahkan key [space] pressed?: untuk membuat sensor yang merespon pada keyboard. Ubah key [space] pressed? menjadi key [right arrow] pressed? agar Ketika menekan tombol panah kanan, posisi mangkok akan bergerak horizontal ke kanan.


9.     Pilih Motion, tambahkan change x by (10) agar mangkok dapat bergerak horizontal ke kanan dengan kecepatan sebesar 10 langkah.


10.  Selanjutnya tambahkan Kembali code block if then: untuk membuat program kondisi Ketika tombol panah kiri ditekan, akan menggerakkan mangkok.


11.  Pilih sensing, tambahkan key [space] pressed?: untuk membuat sensor yang merespon pada keyboard. Ubah key [space] pressed? menjadi key [left arrow] pressed? agar Ketika menekan tombol panah kiri, posisi mangkok akan bergerak horizontal ke kiri.


12.  Pilih Motion, tambahkan change x by (-10) agar mangkok dapat bergerak horizontal ke kiri dengan kecepatan sebesar 10 langkah.


13.  Program pada Sprite Bowl telah selesai dibuat, silahkan pilih tombol green flag untuk mencoba program yang dibuat.

Langkah 4: Memprogram Sprite Bola (Ball)

Sekarang kita akan membuat bola jatuh, muncul secara acak, dan bereaksi saat menyentuh mangkok.

  1. Pilih Sprite Bola: Pastikan kamu mengklik sprite "Ball" di area sprite di bawah panggung. Seperti yang diketahui bahwa sprite ini masih belum ada script code block, karena setelah ini Sprite Ball yang akan diberikan program.


  1. Pilih Event, tambahkan when green flag clicked pada Script Area. Ini adalah balok awal. Semua kode di bawahnya akan berjalan saat kamu mengklik bendera hijau untuk memulai game.


  1. Selanjutnya yaitu membuat program Bola akan muncul dengan horizontal secara acak. Pilih Motion, kemudian tambahkan go to x y. Atur nilai y:(180) (untuk memposisikan bola berada di Vertikal paling atas).


  1. Kemudian pilih Operator, tambahkan pick random (1) to (10) dan masukkan ke dalam bagian x pada script area.


  1. Atur posisi horizontal agar bola dapat keluar secara acak dengan mengatur posisi x yang acak antara -240 (paling kiri) dan 240 (paling kanan).


  1. Selanjutnya, lakukan duplikat pada script go to x: (pick random -240 to 240) y: (180)yang nanti akan digunakan agar Bola dapat muncul lagi di posisi acak di atas untuk putaran berikutnya. Tekan klik kanan, kemudian pilih Duplicate. Letakkan hasil duplikat di sisi bawah dan untuk sementara tidak digabungan dengan script yang lain.


  1. Langkah berikutnya, pilih Control dan tambahkan forever. Dalam tahapan ini akan membuat bola terus jatuh dan muncul kembali selama game berjalan.


  1. Tetap di bagian Control, tambahkan Repeat until. Seret dan letakkan pada sisi bagian dalam forever.


  1. Pilih Operator, tambahkan code block bilangan < 50. Seret dan letakkan pada sisi bagian dalam Repeat until.Atur nilainya menjadi -180.


  1. Langkah selanjutnya adalah pilih Motion. Kemudian pilih y position position agar bola dapat terus jatuh (mengubah y negatif) sampai posisi y-nya kurang dari -180 (artinya sudah melewati bagian bawah panggung).


  1. Tetap pada Motion, tambahkan change y by -10 untuk mengatur kecepatan jatuh bola ke bawah dengan kecepatan turun 10.


  1. Berikutnya, tambahkan kondisi dengan memilih Control, kemudian tambahkan program if then tepat di bawah change y by -10.


  1. Tambahkan kondisi dengan memilih Sensing, kemudian tambahkan program touching [Mouse-pointer]? tepat di bawah if then.


  1. Ubah program if <touching [Mouse-pointer]?> then menjadi if <touching [Bowl]?> then agar Sprite Ball dapat disentuh oleh Sprite Bowl.


  1. Selanjutnya tambahkan agar Score bertambah 1 ketika mangkok berhasil menyentuh bola dengan memilih Variable, kemudian pilih change [my variable] by (1). Ubah change [my variable] by (1)menjadi change [Score] by (1).


  1. Tambahkan program agar Ketika bola berhasil jatuh ke bawah, baik menyentuh mangkok ataupun tidak. Bola akan menghilang. Pilih Looks, kemudian tambahkan hide.


  1. Setelah repeat until selesai (bola jatuh ke bawah), selanjutnya tambahkan go to x: (pick random -240 to 240) y: (180)ke dalam Forever agar Bola dapat muncul lagi di posisi acak di atas untuk putaran berikutnya.


  1. Selanjutnya, tambahkan Looks dan pilih show agar bola dapat muncul Kembali.


Langkah 4: Uji Coba Game!

  1. Klik bendera hijau di atas panggung untuk memulai game.

  1. Gunakan tombol panah kiri dan kanan untuk menggerakkan mangkok.
  2. Coba tangkap bola dan lihat apakah Score bertambah.
  3. Perhatikan apakah bola muncul kembali setelah jatuh atau ditangkap.



No comments:

Post a Comment