Selamat datang di website Coding Class ARJ (E-Modul Pembelajaran Coding SIT Ar Ruhul Jadid), tempat Anda bisa belajar coding dengan cara yang seru dan menyenangkan.
Artinya:
“Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi
Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku
ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik. Ya Allah, tambahkanlah aku
ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku
termasuk golongan orang-orang yang shaleh”.
Panduan Membuat Game Hiu Menangkap Ikan di Scratch
Game ini melibatkan seekor hiu yang mencoba menangkap ikan. Hiu akan mengikuti kursor mouse Anda, sementara ikan akan bergerak secara acak di layar dan menghilang/muncul kembali ketika disentuh oleh hiu.
Langkah 1: Mempersiapkan Proyek Scratch
- Buka Scratch: Mulai proyek baru di Scratch dengan memilih New Project.
- Hapus Sprite Kucing: Klik ikon tempat sampah di sudut kanan atas sprite kucing untuk menghapusnya.
- Tambahkan Sprite:
- Klik ikon "Choose a Sprite" (lingkaran dengan ikon kucing) di pojok kanan bawah area sprite.
- Cari dan pilih sprite "Shark" (Hiu). Pilih yang “shark2” karena pada sprite ini bisa ditambahkan animasi “Hiu Makan” ketika berhasil menyentuh ikan.
- Ulangi langkah di atas, cari dan pilih sprite "Fish" (Ikan).
- Atur Sprite Fish:
- Pilih Sprite Fish, ubah ukurannya dengan memilih size dan ubah menjadi 50.
- Selanjutnya pada Sprite Fish apabila menyentuh dinding stage, Sprite akan memantul dan arah dari ikan akan berganti menjadi arah berlawanan. Pilih Direction, kemudian ubah menjadi Left/Right.
- Selanjutnya Atur Sprite Fish:
- Pilih Sprite Shark2, atur posisi Horizontal dan Vertikal pada Shark2 agar berada di tengah dengan mengatur x: 0 dan y: 0.
- Ubah ukuran pada Sprite Shark2 dengan memilih size dan ubah menjadi 50.
- Selanjutnya pada Shark2 apabila menyentuh dinding stage, Sprite akan memantul dan arah dari ikan akan berganti menjadi arah berlawanan. Pilih Direction, kemudian ubah menjadi Left/Right.
- Buat Variabel baru dengan nama Score:
- Di bagian "Code", klik "Variables" dan klik tombol "Make a Variable".
- Ketik nama variabel: Score dan pastikan opsi "For all sprites" terpilih. Kemudian klik "OK".
- Kamu akan melihat variabel Score muncul di panggung (Stage).
Langkah 2: Menambahkan Latar Belakang (Backdrop)
1. Pilih Stage: Di pojok kanan bawah area sprite, klik ikon "Stage" (panggung).
2. Pilih Backdrop: Klik ikon "Choose a Backdrop" (lingkaran dengan ikon gambar) di pojok kiri bawah area panggung.
- Cari Latar Belakang Bawah Laut dengan Ketik "underwater" di kolom pencarian atau gulir ke bawah untuk menemukan latar belakang seperti "Underwater1", "Underwater2”. Pilih salah satu yang Anda suka, misalnya “Underwater 1”.
- Setelah Backdrop dipilih, nanti akan Kembali ke halaman lembar kerja dengan posisi tampilan sudah terdapat Backdrop Underwater.
Langkah 3: Membuat Kode untuk Sprite "Shark" (Hiu)
Sekarang kita akan memberikan instruksi kepada Hiu agar bisa bergerak dan berada di posisi yang benar.
- Pastikan Sprite "Shark2" terpilih di area sprite.
- Pilih Event, tambahkan when green flag clicked pada Script Area. Ini adalah balok awal. Semua kode di bawahnya akan berjalan saat kamu mengklik bendera hijau untuk memulai game.
- Pilih Variables, tambahkan set [my variable] to [0] ke dalam Script Area.
- Atur set [my variable] to [0]menjadi set [Score] to [0]. Ini bertujuan agar setiap kali game dimulai, variable score dimulai dari 0.
- Selanjutnya pilih Motion, kemudian pilih go to x y. Atur nilainya menjadi go to x: (0) y: (0). Ini bertujuan agar setiap kali game dimulai, posisi Hiu di tengah panggung.
- Langkah selanjutnya yaitu membuat program perulangan untuk menggerakkan Hiu. Perlu diketahui bahwa karakter Hiu akan bergerak sesuai dengan posisi Pointer pada Mouse. Untuk membuat program perulangan, pilih Control dan tambahkan Forever ke dalam script area. Balok ini akan membuat kode di dalamnya terus berulang tanpa henti selama game berjalan.
- Kemudian kita perlu membuat program Jika hiu tidak menyentuh pointer mouse, maka ia akan bergerak. Ini mencegah hiu bergetar saat penunjuk mouse berada tepat di atasnya. Maka kita tambahkan perintah if then di dalamnya.
- Kemudian pilih Operator, tambahkan not ke dalam program if then.
- Tambahkan <touching [mouse-pointer]?> ke dalam not. Program ini berfungsi agar jika hiu tidak menyentuh Pointer Mouse, maka ia akan bergerak dan mencegah hiu bergetar saat penunjuk mouse berada tepat di atasnya.
- Pilih Motion, tambahkan move (10) steps untuk memberikan kecepatan pada pergerakan Hiu sebesar 10 untuk berpindah tempat mengikuti Mouse Pointer.
- Tambahkan juga point towards [mouse-pointer] agar Hiu dapat menghadap ke arah Mouse Pointer.
- Selanjutnya kita akan membuat program ketika Hiu menyentuh Ikan. Tambahkan if then else pada bagian bawah setelah kumpulan program if <not <touching [mouse-pointer]?> dibuat.
- Pilih Sensing, tambahkan <touching [mouse-pointer]?> ke dalam if then else. Kemudian ubah <touching [mouse-pointer]?> menjadi <touching [Fish]?> untuk membuat program ketika Hiu menyentuh Ikan.
- Sebelum melanjutkan pemrograman, pilih Sprite “Shark2” dan kemudian pilih Costumes.
- Di dalam Costumes, dapat dilihat bahkan pada Sprite Shark2 terdapat 3 costumes yang bisa digunakan. Dalam hal ini akan dibuat animasi ketika Hiu belum menyentuh Objek, maka Hiu tetap dalam kondisi Diam. Apabila Hiu berhasil menyentuh Objek, maka Hiu akan menjadi kondisi Makan.
- Untuk memudahkan dalam membuat program, ubah nama “shark2-a” menjadi nama “Hiu diam”. Untuk mengganti nama, dapat dilakukan pada kolom Costume dan setelah di ubah, selanjutnya ditekan Enter agar nama bisa berubah.
- Selanjutnya ubah nama “shark2-b” menjadi nama “Hiu makan”. Untuk mengganti nama, dapat dilakukan pada kolom Costume dan setelah di ubah, selanjutnya ditekan Enter agar nama bisa berubah. (untuk bagian shark2-c tidak dipakai, jadi bisa di hapus atau dibiarkan).
- Kemudian Kembali ke bagian Code. Langkah selanjutnya yaitu membuat kondisi pada Script Area ketika Hiu menyentuh ikan, maka costume akan menjadi “Hiu makan”. Apabila Hiu tidak menyentuh ikan, maka costume akan tetap menjadi “Hiu diam”.
- Pilih Looks, tambahkan switch costume to [Hiu makan] untuk memberikan kondisi Ketika Hiu menyentuh ikan.
- Tambahkan Sound baru dengan memilih Sound, kemudian pilih start sound [Water drop]. Ubah start sound [Water drop]menjadi start sound [Bite]agar memberikan efek suara ketika Hiu memakan Ikan.
- Pada bagian else, tambahkan switch costume to [Hiu makan] dan ubah menjadi switch costume to [Hiu diam] untuk menunjukkan kondisi Ketika Hiu sedang tidak menyentuh ikan.
Langkah 4: Membuat Kode untuk Sprite "Fish" (Ikan)
Program ini akan mengatur ikan agar bergerak sendiri, mengubah kostum, dan bereaksi saat ditangkap.
- Pilih Sprite Ikan: Pastikan kamu mengklik sprite "Fish" di area sprite di bawah panggung.
- Pilih Event, tambahkan when green flag clicked pada Script Area. Ini adalah balok awal. Semua kode di bawahnya akan berjalan saat kamu mengklik bendera hijau untuk memulai game.
- Pilih Looks, tambahkan
switch costume to [fish-a]agar Ketika dimulai, yang muncul pertama adalah ikan Badut.
- Selanjutnya pilih Motion,
tambahkan
go to [random position]ke dalam script area. Program ini bertujuan agar Ikan dapat muncul secara acak di Lokasi stage area.
- Selanjutnya pada Ikan perlu
ditambahkan beberapa program perulangan. Dalam bagian ini, tambahkan script
foreveryang ada di bagian Control.
- Tambahkan kecepatan pada Ikan
dengan memilih Motion. Kemudian pilih
move (10) steps. Pada bagian ini ubah nilainya menjadi 15 agar pergerakan Ikan dapat lebih cepat dari Hiu. Sehingga script yang terpasang adalahmove(15) stepsyang menunjukkan nilai pergerakan Ikan sebesar 15.
- Tetap pada bagian Motion,
tambahkan
if on edge, bounceagar Ketika Ikan menyentuh dinding stage area, Ikan akan memantul dan berbalik arah.
- Langkah berikutnya adalah
membuat program kondisi Ketika Ikan berhasil tersentuh oleh Hiu. Dalam
tahapan ini, pilih Control dan tambahkan
if then elseke dalam script area tepat setelah programif on edge, bounce.
- Kemudian pilih Sensing, tambahkan <touching [mouse-pointer]?> ke dalam program. Ubah menjadi if <touching [Shark 2]?> then agar dapat menjelaskan kondisi Ketika Ikan berhasil tersentuh oleh Hiu.
- Pilih Variables, tambahkan change [my variable] by (1) ke dalam bagian setelah if. Ubah change [my variable] by (1) menjadi change [Score] by (1). Ini bertujuan agar Ketika Ikan berhasil tersentuh oleh Hiu, maka Score Hiu bertambah menjadi 1.
- Kemudian pilih Control, tambahkan wait (1) seconds ke dalam script area. Ubah nilai menjadi wait (0.1) seconds. Ini bertujuan untuk memberikan jeda interaksi 0,1 detik terhadap Ikan Ketika berhasil tersentuh oleh Hiu.
- Selanjutnya setelah Ikan berhasil tersentuh oleh Hiu, maka Ikan akan hilang. Pilih Looks, kemudian tambahkan perintah hide.
- Setelah Ikan tersebut hilang,
nantinya akan muncul ikan baru dengan posisi secara acak dan nanti ikan
tersebut akan bergerak secara acak. Pilih Motion, tambahkan
go to [random position]ke dalam script area. Program ini bertujuan agar Ikan dapat muncul secara acak di Lokasi stage area.
- Tambahkan program untuk membuat
ikan baru yang muncul adalah ikan jenis lain. Untuk membuat programnya,
pilih Looks dan tambahkan
next costume.
- Langkah selanjutnya adalah
perlu memprogram bagian else untuk memunculkan sprite Ikan baru. Pilih
Looks dan tambahkan
show.
Langkah 5: Uji Coba Game!
1. Klik bendera hijau (Green Flag) di atas panggung untuk memulai game.
2. Gerakkan kursor mouse Anda untuk menggerakkan hiu.
3. Lihat apakah hiu mengikuti kursor.
4. Lihat apakah ikan bergerak secara acak.
5. Coba sentuhkan hiu ke ikan. Ikan seharusnya menghilang dan muncul kembali di lokasi acak, dan skor harus bertambah.
























































No comments:
Post a Comment